zeinkalaami

sekedar berbagi pengalaman dan informasi

Hari valentine, Manfaat Atau Madharat?

Posted by zeinkalaami pada 8 Februari 2009

Hari Valentine, Manfaat Atau Madharat?

sudah memasuki Bulan Pebruari, ada sesuatu yang beda. Coba Anda perhatikan dengan program-program acara di televisi yang mulai mempromosikan acara-acara bernuansa cinta dan romantisme. Coba sabangi pula outlet-outlet dan took penjual bunga yang semakin menambahkan stok bunga dagangannya dengan berbagai jenis dan ukuran. Belum lagi toko-toko penjual cokelat yang mulai membuat berbagai bentuk symbol-simbol kasih sayang.

sudah mafhum bahwa semua itu berkaitan dengan akan datangnya Hari Valentine yang (katanya) merupakan Hari Kasih Sayang dunia. Hari special yang mengingatkan akan sejarah pengorbanan Santo Valentine, seorang Kristen Roma yang rela mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan keyakinan dan pembelaannya terhadap cinta dan kasih sayang.

Hari yang diangggap special oleh kebanyakan kaum muda (terutama yang sedang terlibat asmara) ini, di satu sisi memberikan andil positif jika dikaitkan dengan motif ekonomi. Para penjual bunga, cokelat, pernak-pernik Valentine menjadikan bulan ini sebagai bulan berkah, karena mereka akan sedikit banyak memperoleh penghasilan yang lebih dari hari biasanya. Sikap konsumtif pencinta Valentine secara drastis mendongkrak laba para penjual bunga, cokelat dan pernak-pernik Valentine yang diserbu para pembeli. Apalagi para penjual meyakini bahwa para penyambut Hari Valentine cenderung bertambah terutama kalangan anak remaja atau kaum muda.

Di satu sisi, keperihatinan terhadap prilaku remaja (terutama yang sedang mabuk asmara) yang cenderung “salah” dalam mengekspresikan rasa kasih sayang kepada kekasihnya. Pemberian bunga, cokelat atau pernak-pernik sebagai symbol kasih sayang oleh pasangannya terkadang diterima dan diganti dengan cara berlebihan, jauh dari sekedar cokelat atau seikat bunga. Pengekspresian kasih sayang yang berlebihan, justru akan merusak makna dari kasih sayang itu sendiri. Sebab, saat kasih sayang ditransfer dengan makna yang berbeda dan bernuansa melawan norma, maka selalu ada provokator abadi, Syaetan, yang senantiasa mensupport siapa saja yang punya niat merusak norma dan keimanan.

Satu Tanggapan to “Hari valentine, Manfaat Atau Madharat?”

  1. elidha arthanie s said

    kalw bgi guw yahhh , gak cuma har valentine jahhhh kita bs mrayakan kasih sayang , setiap hari juga bisa kok … why not?
    hemmm … tp di sisi laen acara kaya gtu bagus kok…
    gbu

Tinggalkan komentar